Tim Penilai Panji Keberhasilan Pembangunan Pariwisata Sambangi Disbudpar

Kamis, 27 Oktober 2016

Tim penilai Panji-Panji keberhasilan Pembangunan Bidang Kebudayaan dan Pariwisata  Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur turun melakukan penilaian di Kutai Kartanegara (Kukar),  Rabu (26/10). Tim penilai tersebut terdiri dari para akademisi di antaranya Prof Dr. FL. Sudiran. M.Si Guru Besar Budaya Universitas 17 Agustus Samarinda , M. Fauzan Noor. SE., S Par Dosen Polnes Samarinda dan  Ashari dari Disbudpar Kaltim.
Kegiatan tim penilai di Kukar diawali dengan mendengarkan presentasi Kepala Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kukar  Dra. Sri Wahyuni MPP tentang  pengembangan Pariwisata dan Kebudayaan Kukar Tahun 2016. Ketua tim penilai Prof Dr. FL. Sudiran. M.Si mengatakan bahwa secara umum penjelasan dari Kadis Disbudpar sangat jelas dan sesuai dengan kondisi dilapangan dan dikatakannya bahwa Kutai Kartanegara memiliki potensi Pariwisata yang bagus ditambah lagi disini terdapat Kerajaan Kutai Ing Martadipura  yang sampai sekarang masih memelihara Adati dan kebudayaan Kutai.

Semantara itu M. Fauzan Noor salah satu tim Penilai mengatakan apa yang ada dalam pikiran tim penilai terjawab semua dari presentasi tersebut, dan mengapresiasi apa yang selama ini dilakukan oleh Disbudpar dalam pengembangan dunia Pariwisata, seperti Erau adat Kutai dan International Folk Arts Festival serta Festival Kota Raja yang menghadirkan TKC serta Festival Lampion.yang terlaksana dengan baik.

Setelah pemaparan tersebut, kegiatan dilanjutkan dengan mengunjungi beberapa objek wisata di Tenggarong, antara lain Museum Kayu dan Rumah Kayu Suku Kutai . Didampingi Dra. Sri Wahyuni MPP dan Kasi Pengembangan dan Pembinaan Permuseuman Drs. Triyatma  , tim antusias melihat Rumah Kayu Suku Kutai apalagi ditempat ini tim disuguhi Kue Khas Kutai. Setelah mengunjungi Museum Kayu dan Rumah Kayu Suku Kutai melanjutkan kunjungan ke Pulau Kumala Tenggarong untuk mengunjungi Dayak Experience Center (DEC) di Lamin Biok disini tim melihat berbagai macam perabotan suku Dayak serta melihat secara langsung pengarajin Penenun Ulap Doyo dari Suku Dayak Benuaq.

 Disela-sela penilaian, Ashari mengatakan bahwa Disbudpar Kaltim sebagai pelaksana program kegiatan penilaian akan memberikan penghargaan kepada Kabupaten/Kota yang telah melaksanakan pembangunan dibidang Kebudayaan dan Pariwisata tahun 2016, yaitu sebagai pemenang dan penerima Panji-Panji Keberhasilan Pembangunan Bidang Kebudayaan dan Pariwisata untuk kategori kabupaten / Kota. "Dalam melakukan penilaian keberhasilan pembangunan yang melibatkan para Akademisi, penilaian dilakukan secara menyuluruh baik wisata maupun budaya," ujar Ashari

Simpan sebagai :

Berita terkait :